Pengantar Sistem Kendali Heru Dibyo laksono

Pengantar Sistem Kendali Heru Dibyo laksono

Buku Pengantar Sistem Kendali Heru Dibyo laksono ini terdiri dari 6 Bab. Antara satu bab dengan bab lain merupakan satu kesatuan rangkaian pembahasan yang utuh.

Bab I membahas tentang secara umum. Materi yang dibahas meliputi kendali lingkar terbuka, kendali lingkar tertutup, pengelompokkan kendali, prinsip-prinsip desain kendali dan komponen-komponen kendali, Latihan-latihan soal dan ringkasan. Bagian ini diakhiri dengan evaluasi, umpan balik dan tindak lanjut.

Bab II menjelaskan tentang latar belakang matematis dalam sistem kendali. Adapun materi yang dijelaskan terdiri dari persamaan linear diferensial, transformasi Laplace, latihan soal – soal dan ringkasan. Untuk persamaan liniear diferensial materi yang dijelaskan meliputi persamaan linear diferensial orde satu, persamaan linear diferensial orde dua dan persamaan linear diferensial orde tinggi. Untuk transformasi Laplace materi yang dijelaskan meliputi sifat – sifat transformasi Laplace, teorema nilai awal dan nilai akhir, transformasi Laplace balik dan solusi persamaan linear diferensial dengan metoda transformasi Laplace. Bagian ini akan diakhiri dengan evaluasi, umpan balik dan tindak lanjut.

Bab III menyajikan pemodelan matematis sistem kendali. Pada bagian ini disajikan model matematis, fungsi alih, diagram blok, grafik aliran sinyal, Latihan-latihan soal dan ringkasan. Untuk model matematis materi yang disajikan meliputi model matematis untuk sistem listrik, model matematis untuk sistem mekanis dan model matematis untuk sistem ketinggian air. Pembahasan pada bagian ini akan diakhiri dengan evaluasi, umpan balik dan tindak lanjut.

Bab IV mendeskripsikan analisa peralihan. Pada bagian ini dideskripsikan analisa peralihan sistem orde satu satu, sistem orde dua dan sistem orde tinggi terhadap masukan impulsa satuan, undak satuan dan laju satuan. Bagian ini akan diakhiri dengan evaluasi, umpan balik dan tindak lanjut.

Bab V membicarakan tentang analisa kesalahan dan kepekaaan. Untuk analisa kesalahan meliputi analisa kesalahan statik dan analisa kesalahan dinamik. Untuk analisa kesalahan statik materinya meliputi analisa kesalahan terhadap masukan undak satuan, analisa kesalahan terhadap masukan laju satuan dan analisa kesalahan terhadap masukan parabolik satuan. Untuk analisa kesalahan dinamik materinya meliputi konstanta kesalahan posisi dinamik, konstanta kesalahan kecepatan dinamik dan konstanta kesalahan percepatan dinamik. Untuk analisa kepekaan, materi yang dibahas adalah bagaimana ketergantungan sistem keseluruhan
terhadap perubahan subsistemnya. Bagian ini akan diakhiri dengan evaluasi, umpan balik dan tindak lanjut.


Bab VI memaparkan tentang analisa kestabilan sistem kendali. Adapun metoda yang dibahas dalam bagian ini meliputi persamaan karakteritstik, kriteria Routh, kriteria Hurwitz dan kriteria Continued Fraction. Bagian ini akan diakhiri dengan evaluasi, umpan balik dan tindak lanjut. Selain itu naskah ini dilengkapi dengan contoh-contoh simulasi dalam bentuk kode
Matlab untuk setiap bab. Contoh-contoh simulasi ini bisa dilihat, dibaca dan diunduh dialamat blog penulis dengan alamat http://staff.unand.ac.id/herudibyolaksono/tutorial/matlab/sistem-
kendali/

Petunjuk Bagi Mahasiswa untuk Mempelajari Buku Ajar
Pembaca dianjurkan untuk membaca buku ini secara ini teliti. Jika memungkinkan, para pembaca dapat membaca buku – buku penunjang untuk mendapatkan pembahasan yang lebih mendalam. Sangat dianjurkan kepada pembaca untuk menggunakan konsep SQ3R dalam membaca buku ini. SQ3R adalah Suvey – Question – Read – Recite – Review. Pada tahap survei, hal – hal yang perlu diperhatikan adalah judul bab, pendahuluan, judul subbab, gambar dan tabel dan kata kunci. Pada tahap question, setiap judul subbab diubah menjadi pertanyaan.

Pertanyaan ini dibuat dengan kata ‘mengapa’ ,’bagaimana’, dan seterusnya. Jangan menggunakan kata ‘apakah’ karena biasanya jawaban dari pertanyaan yang demikian adalah ‘ya’ atau ‘tidak’. Pertanyaan ini sebaiknya ditulis pada sebuah buku yang terpisah atau dapat juga diketik. Proses membaca buku baru dimulai setelah daftar pertanyaan selesai dibuat. Pada saat membaca, setiap subbab harus dituntastak sebelum berpindah ke subbab yang lain. Fokus dari tahap in adalah menjawab pertanyaan yang telah dibuat.

Jawaban yang diperoleh saat membaca buku ini segera ditulsikan pada buk yang telah disiapkan. Recite adalah proses mengulang apa yang telah dibaca berdasarkan daftar pertanyaan beserta jawabannya. Perlu dilakukan evaluasi hasil belajar yang telah dilakukan dengan mencoba menjawab pertanyaan yang telah disusun tanpa melihat jawaban dan isi buku lagi.

Tahap review dilakukan untuk membangun informasi yang diperoleh dan membangun daya ingat pada bahan yang telah dibaca. Proses ini dilakukan dengan membaca ulang catatan yang telah dibuat pada tahap sebelumnya. Ada soal – soal latihan yang harus dikerjakan disetiap bab dari buku ini. Pembaca harus menyelesaikan soal – soal latihan tersebut sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Penulis tidak menganjurkan untuk melewati tugas yang dianggap sulit.

Back to Top
1
Kami Menyediakan Buku buku kebutuhan untuk perguruan tinggi, jika anda ingin terhubung langsung dengan kami, silahkan gunakan chat wa ini untuk terhubung langsung dengan admin kami
Powered by